Uni Eropa
European Union
| ||||||
|
||||||
Political centres
|
||||||
Pemimpin
|
||||||
-
|
||||||
-
|
||||||
-
|
||||||
-
|
||||||
-
|
||||||
-
|
||||||
Pendirian
|
||||||
-
|
23 Juli 1952
|
|||||
-
|
1 Januari 1958
|
|||||
-
|
1 November 1993
|
|||||
-
|
1 Desember 2009
|
|||||
-
|
Total
|
4.324.782 km2
|
||||
-
|
3.08
|
|||||
-
|
Perkiraan 2011
|
502,486,499 Templat:Infobox
European Union/RefTag
|
||||
-
|
116.2/km2
|
|||||
Perkiraan 2010 (IMF)
|
||||||
-
|
Total
|
$15,203 trillion
|
||||
-
|
$30,455
|
|||||
PDB (nominal)
|
Perkiraan 2010 (IMF)
|
|||||
-
|
Total
|
$16,242 trillion
|
||||
-
|
$32,537
|
|||||
Gini (2009)
|
30.7 (EU25)Templat:Infobox European
Union/RefTag (low)
|
|||||
IPM (2010)
|
0.835 (very high)
|
|||||
(UTC+0 to +2)
|
||||||
-
|
Musim panas (DST)
|
(UTC+1 to +3Templat:Infobox
European Union/RefTag)
|
||||
Uni Eropa (UE, bahasa Inggris: European
Union atau EU) adalah sebuah organisasi antar-pemerintahan dan supra-nasional, yang
terdiri dari negara-negara Eropa, yang sejak 1 Januari 2007 telah memiliki 27 negara
anggota. Persatuan ini didirikan atas nama tersebut di bawah Perjanjian Uni
Eropa (yang lebih dikenal dengan Perjanjian Maastricht) pada 1992. Namun, banyak
aspek dari EU timbul sebelum tanggal tersebut melalui organisasi sebelumnya,
kembali ke tahun 1950-an.
Organisasi
internasional ini bekerja melalui gabungan sistem supranasional dan
antarpemerintahan. Di beberapa bidang, keputusan-keputusan ditetapkan melalui
musyawarah dan mufakat di antara negara-negara anggota, dan di bidang-bidang
lainnya lembaga-lembaga organ yang bersifat supranasional menjalankan tanggung
jawabnya tanpa perlu persetujuan anggota-anggotanya. Lembaga organ penting di
dalam UE adalah Komisi Eropa, Dewan Uni Eropa, Dewan Eropa, Mahkamah Eropa, dan Bank Sentral Eropa. Terdapat pula Parlemen
Eropa yang anggota-anggotanya dipilih langsung oleh warga negara anggota.
Pada tanggal 12
Oktober 2012, Uni Eropa ditetapkan sebagai penerima Penghargaan Perdamaian Nobel tahun 2012.
|
Anggota
Sejak 2007 Uni
Eropa memiliki 27 negara anggota, yaitu
- Swedia (sejak 1 Januari 1995)
- Finlandia (sejak 1 Januari 1995)
- Estonia (sejak 1 Mei 2004)
- Latvia (sejak 1 Mei 2004)
- Lituania (sejak 1 Mei 2004)
- Polandia (sejak 1 Mei 2004)
- Denmark (sejak 1973)
- Jerman (sejak permulaan)
- Belanda (sejak permulaan)
- Belgia (sejak permulaan)
- Luksemburg (sejak permulaan)
- Irlandia (sejak 1973)
- Britania Raya (sejak 1973)
- Perancis (sejak permulaan)
- Portugal (sejak 1986)
- Spanyol (sejak 1986)
- Italia (sejak permulaan)
- Malta (sejak 1 Mei 2004)
- Austria (sejak 1 Januari 1995)
- Slovenia (sejak 1 Mei 2004)
- Republik Ceko (sejak 1 Mei 2004)
- Slowakia (sejak 1 Mei 2004)
- Hongaria (sejak 1 Mei 2004)
- Yunani (sejak 1981)
- Siprus selatan (sejak 1 Mei 2004)
- Bulgaria (sejak 1 Januari 2007)
- Rumania (sejak 1 Januari 2007)
Kroasia kelak akan jadi anggota pula. Status Turki masih belum jelas.
Parlemen Eropa berunding di Brusel, Belgia dan (beberapa kali setahun) di Strasbourg (Perancis).
Parlemen Eropa dipilih secara langsung oleh penduduknya.
Awal dan sejarah
Acara
penandatanganan Perjanjian Roma, 1957
Percobaan untuk
menyatukan negara Eropa telah dimulai sebelum terbentuknya negara-negara
modern; mereka telah terjadi beberapa kali dalam sejarah Eropa. Tiga ribu tahun
lalu, Eropa didominasi oleh bangsa Celt, dan kemudian ditaklukan dan diperintah Kekaisaran
Roma yang berpusat di Mediterania. Awal penyatuan ini diciptakan dengan
cara paksa. Kekaisaran Franks dari Charlemagne
dan Kekaisaran Suci Roma menyatukan wilayah yang
luas di bawah administrasi yang longgar selama beberapa ratus tahun. Belakangan
pada 1800-an customs union di bawah Napoleon I Prancis dan
penaklukan pada 1940-an oleh Nazi Jerman hanya terjadi sementara saja.
Dikarenakan
koleksi bahasa Eropa dan budayanya,
percobaan penyatuan ini biasanya melibatkan pendudukan dari negara yang
tidak bersedia, menciptakan ketidakstabilan. Salah satu percobaan penyatuan
secara damai melalui kerjasama dan persamaan anggota dibuat oleh pasifis Victor Hugo pada 1851. Setelah Perang Dunia I dan Perang Dunia II, keinginan
untuk mendirikan Uni Eropa semakin meningkat, didorong oleh keinginan untuk
membangun kembali Eropa dan menghilangkan kemungkinan perang lainnya. Oleh
karena itu dibentuklah European
Coal and Steel Community oleh Jerman, Perancis, Italia, dan negara-negara Benelux. Hal ini
terjadi oleh Perjanjian Paris
(1951), ditandatangani pada April 1951 dan dimulai pada
Juli 1952.
Setelah itu
terbentuk juga European Economic Community didirikan oleh Perjanjian Roma pada 1957 dan diimplementasikan pada 1 Januari 1958. Kemudian komunitas tersebut berubah
menjadi Masyarakat Eropa yang merupakan 'pilar pertama' dari Uni Eropa.
Uni Eropa telah ber-evolusi dari sebuah badan perdagangan menjadi sebuah kerja
sama ekonomi dan politik.
Dari pergantian
namanya dari "Masyarakat Ekonomi Eropa" ke "Masyarakat
Eropa" hingga ke "Uni Eropa" menandakan bahwa organisasi ini
telah berubah dari sebuah kesatuan ekonomi menjadi sebuah kesatuan politik.
Kecenderungan ini ditandai dengan meningkatnya jumlah kebijakan dalam UE.
Gambaran
peningkatan pemusatan ini diimbangi oleh dua faktor.
Pertama,
beberapa negara anggota memiliki beberapa tradisi domestik pemerintahan
regional yang kuat. Hal ini menyebabkan peningkatan fokus tentang kebijakan
regional dan wilayah Eropa. Sebuah Committee of the
Regions didirikan sebagai bagian dari Perjanjian Maastricht.
Kedua,
kebijakan UE mencakup sejumlah kerja sama yang berbeda.
- Pengambilan keputusan yang otonom: negara-negara anggota telah memberikan kepada Komisi Eropa kekuasaan untuk mengeluarkan keputusan-keputusan di wilayah-wilayah tertentu seperti misalnya undang-undang kompetisi, kontrol Bantuan Negara dan liberalisasi.
- Harmonisasi: hukum negara-negara anggota diharmonisasikan melalui proses legislatif UE, yang melibatkan Komisi Eropa, Parlemen Eropa dan Dewan Uni Eropa. Akibat dari hal ini hukum Uni Eropa semakin terasa hadir dalam sistem-sistem negara anggota.
- Ko-operasi: negara-negara anggota, yang bertemu sebagai Dewan Uni Eropa sepakat untuk bekerja sama dan mengkoordinasikan kebijakan-kebijakan dalam negeri mereka.
Ketegangan
antara UE dan kompetensi nasional (atau sub-nasional) bertahan lama dalam
perkembangan Uni Eropa. Semua negara calon anggota harus memberlakukan
undang-undang agar selaras dengan kerangka hukum Eropa bersama, yang dikenal
sebagai Acquis Communautaire.
Kebijakan eksternal
- Suatu tarif eksternal bersama bea cukai, dan posisi yang sama dalam perundingan-perundingan perdagangan internasional.
- Pendanaan untuk program-program di negara-negara calon anggota dan negara-negara Eropa Timur lainnya, serta bantuan ke banyak negara berkembang melalui program Phare and Tacis-nya.
- Pembentukan sebuah pasar tunggal Masyarakat Energi Eropa melalui Perjanjian Komunitas Energi Eropa Tenggara
Kerjasama dan harmonisasi di wilayah-wilayah lain
- Kebebasan bagi warga UE untuk ikut memilih dalam pemilihan pemerintahan setempat dan Parlemen Eropa di negara anggota manapun juga.
- Kerjasama dalam masalah-masalah kriminal, termasuk saling berbagi intelijen (melalui EUROPOL dan Sistem Informasi Schengen), perjanjian tentang definisi bersama mengenai kejahatan dan prosedur-prosedur ekstradisi.
- Suatu kebijakan luar negeri bersama sebagai sebuah sasaran masa depan, namun demikian hal ini masih lama baru akan terwujud. Pembagian antara negara-negara anggota (dalam surat delapan) dan anggota-anggota yang saat itu belum bergabung (dalam surat Vilnius) pada saat penyerbuan Irak 2003 menyoroti seberapa jauh sasaran ini berada di depan sebelum ia dapat menjadi kenyataan.
- Suatu kebijakan keamanan bersama sebagai suatu sasaran, termasuk pembentukan Satuan Reaksi Cepat Eropa dengan 60.000 anggota untuk maksud-maksud memelihara perdamaian, seorang staf militer UE dan sebuah pusat satelit UE (untuk maksud-maksud intelijen).
- Kebijakan bersama tentang asilum dan imigrasi.
- Pendanaan bersama untuk penelitian dan pengembangan teknologi, melalui Rancangan Program untuk Penelitian dan Pengembangan Teknologi selama empat tahun. Rancangan Program Keenam berlaku dari 2002 hingga 2006.
Politik
Uni Eropa
memiliki kompetensi yang didasarkan pada Perjanjian-perjanjian
Uni Eropa dan prinsip subsidiaritas yang menyatakan bahwa aksi Uni Eropa
hanya bisa diambil saat suatu tujuan tidak dapat diraih secara memadai oleh
hanya sebuah negara anggota. Hukum yang dicanangkan oleh institusi Uni Eropa
dikeluarkan dalam beberapa cara, secara umum hukum tersebut dapat
diklasifikasikan ke dalam dua kelompok: hukum yang mulai berlaku tanpa
kebutuhan untuk mengukur implementasi skala nasional, dan hukum yang berlaku
dengan kebutuhan tersebut.
Pemerintahan
Uni Eropa
memiliki tujuh institusi: Parlemen Eropa, Dewan Uni Eropa, Komisi Eropa, Dewan Eropa, Bank Sentral Eropa, Mahkamah Eropa, dan Mahkamah Audit Eropa.
Wewenang untuk meneliti dan mengamandemen legislasi dibagi antara Parlemen
Eropa dan Dewan Uni Eropa, sementara tugas eksekutif ditangani oleh Komisi
Eropa dan, secara terbatas, oleh Dewan Eropa (tidak boleh disamadengankan
dengan Dewan Uni Eropa yang disebut terlebih dahulu). Kebijakan moneter eurozone diatur oleh Bank Sentral
Eropa. Penafsiran dan penerapan hukum Uni Eropa dan perjanjian-perjanjian
dipastikan oleh Mahkamah Eropa. Disamping itu, terdapat juga badan-badan
tambahan yang bertugas untuk memberikan saran bagi Uni Eropa atau beroperasi
dalam area yang spesifik.
Komisi Eropa
Komisi Eropa
bertindak memegang fungsi eksekutif dan bertanggung jawab untuk memprakarsa
legislasi dan kepemimpinan harian Uni Eropa. Komisi juga menjadi motor
integrasi Eropa. Komisi bekerja sebagai kabinet pemerintahan, dengan 27 Komisaris yang bekerja
dalam area kebijakan yang berbeda-beda, satu orang dari setiap negara anggota,
namun Komisaris terikat pada komitmen untuk mewakili kepentingan Uni Eropa
sebagai keselurahan, bukan kepentingan negara masing-masing.
Salah satu dari
27 anggota kabinet menjabat sebagai Presiden Komisi (saat ini José Manuel Durão Barroso), ditunjuk oleh
Dewan
Eropa. Dua puluh enam Komisaris lainnya kemudian ditunjuk oleh Dewan
Uni Eropa dengan persutujuan presiden yang dinominasikan. Setelah itu. Parlemen
Eropa menyelenggarakan pemilihan untuk persetujuan atas ke-27 Komisaris
sebagai satu badan. Setelah Presiden Komisi, Komisaris yang paling
menonjol adalah Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Kebijakan Luar Negeri dan
Keamanan, ex officio Wakil Presiden Komisi.
Dewan Uni Eropa
Dewan Eropa memberikan
pengarahan kepada Uni Eropa, dan mengadakan sidang sedikitnya empat kali
setahun. Dewan Eropa terdiri dari Presiden Dewan Eropa, Presiden Komisi Eropa
dan satu wakil per negara anggota; baik kepala negara atau kepala pemerintahan.
Dewan Eropa digambarkan oleh beberapa pihak sebagai "otoritas politik
tertinggi" Uni Eropa. Dewan Eropa aktif terlibat dalam negosiasi perubahan
perjanjian dan mendefinisikan agenda dan strategi kebijakan Uni Eropa.
Dewan Eropa
menggunakan peran kepemimpinannya untuk menyelesaikan perselisihan antara
negara-negara anggota dan institusi-institusi Uni Eropa, serta untuk
menyelesaikan krisis politik dan perbedaan pendapat atas masalah dan kebijakan
kontroversial. Secara eksternal, Dewan Eropa berfungsi sebagai "Kepala
Negara kolektif" dan meratifikasi dokumen penting (misalnya perjanjian
dan persetujuan internasional).
Pada tanggal 19
November 2009, Herman Van Rompuy terpilih sebagai Presiden
permanen pertama Dewan Eropa. Pada tanggal 1 Desember 2009, Perjanjian
Lisboa diberlakukan dan Van Rompuy mulai menjabat. Memastikan representasi
eksternal Uni Eropa, menggerakan konsensus dan menyelesaikan perbedaan antar
anggota merupakan tugas Presiden, baik selama konvokasi Dewan Eropa dan pada
periode waktu antara dua konvokasi. Dewan Eropa (European Council)
merupakan institusi yang berbeda dengan Majelis
Eropa (Council of Europe), organisasi internasional yang lepas dari
Uni Eropa.
Parlemen
Parlemen Eropa membentuk
setengah badan legislatif Uni Eropa (setengah lainnya adalah Dewan
Uni Eropa, lihat di bawah). Sebanyak 736 (akan segera menjadi 751) Anggota
Parlemen Eropa (Inggris: MEP) secara langsung dipilih oleh warga
negara Uni Eropa setiap lima tahun berdasarkan perwakilan proporsional suara
yang dikumpulkan oleh masing-masing partai politik. Meskipun Parlemen Eropa
dipilih secara nasional, para anggota duduk menurut fraksi politik, dan bukan
berdasarkan kewarganegaraan mereka. Setiap negara memiliki sejumlah jatah kursi
yang kemudian dibagi menjadi konstituen sub-nasional dimana hal ini tidak
mempengaruhi sifat proporsional dari sistem suara.
Parlemen Eropa
dan Dewan Uni Eropa meluluskan undang-undang secara bersama-sama di hampir
semua wilayah di bawah prosedur legislatif biasa. Hal ini juga berlaku untuk
masalah anggaran Uni Eropa. Pada akhirnya, Komisi bertanggung jawab kepada
Parlemen, memerlukan persetujuan Parlemen untuk menjabat, dan harus melaporkan
kembali kepada Parlemen serta tunduk pada kritik atau pertidakserujuan dari
Parlemen. Presiden Parlemen Eropa melaksanakan peran pembicara (speaker)
dalam parlemen dan mewakili Parlemen secara eksternal. Presiden PE dan Wakil
Presiden dipilih oleh Parlemen Eropa setiap dua setengah tahun.
Pengadilan Eropa
Dewan
Dewan Uni Eropa, atau yang
seringkali disebut sebagai Dewan, dan terkadang sebagai Dewan Menteri,
membentuk setengah bagian lain daripada lembaga legislatif UE. Dewan terdiri
dari seorang menteri dari setiap negara anggota. Komposisi Dewan dapat
berubah-ubah dan bergantung pada bidang kebijakan yang ditangani. Meskipun
komposisi yang berbeda, Dewan tetap dianggap sebagai satu tubuh. Selain fungsi
legislasi, Dewan juga melakukan fungsi eksekutif dalam Kebijakan
Bersama Luar Negeri dan Keamanan.
Anggaran
Keduapuluh
tujuh negara anggota Uni Eropa memiliki anggaran yang disepakati sebesar €
120,7 milyar untuk tahun 2007 dan € 864,3 milyar untuk periode 2007-2013.
Anggaran tersebut merupakan 1,10% dan 1,05% dari perkiraan PDB negara-negara
anggota Uni Eropa untuk periode masing-masing. Sebagai perbandingan,
pengeluaran Inggris untuk tahun 2004 diperkirakan akan € 759 milyar, dan
Perancis diperkirakan telah menghabiskan € 801 milyar. Pada tahun 1960,
anggaran dari Komunitas Ekonomi Eropa adalah sebesar
0,03% dari PDB.
Dalam anggaran
2010 sebesar € 141,5 miliar, item pengeluaran terbesar adalah kohesi & daya
saing, yaitu sekitar 45% dari total anggaran, disusul oleh pertanian dengan
sekitar 31% dari total anggaran. Pembangunan pedesaan, lingkungan, dan
perikanan memakan sekitar 11% anggaran, administrasi sekitar 6%, Uni Eropa
sebagai mitra global dan kewarganegaraan, kebebasan, keamanan dan keadilan
menjadi juru kunci, dengan hanya sekitar 6% dan 1% dari seluruh anggaran Uni
Eropa dipergunakan untung masing-masing ihwal.
Lembaga kelima
Uni Eropa, Mahkamah Audit Eropa
memastikan bahwa anggaran Uni Eropa dipertanggungjawabkan dengan benar.
Mahkamah menyediakan laporan audit untuk setiap tahun buku kepada Dewan dan
Parlemen. Parlemen menggunakan laporan audit untuk memutuskan antara menyetujui
atau menolak penanganan anggaran Komisi. Mahkamah juga memberikan pendapat dan
usulan undang-undang keuangan dan tindakan anti-penipuan.
Pengadilan
Auditor secara hukum berkewajiban memberikan Parlemen Eropa dan Dewan Eropa
"pernyataan keyakinan atas keandalan rekening dan legalitas serta
keteraturan transaksi yang mendasarinya". Mahkamah belum pernah memberikan
persetujuan absolut terhadap rekening UE sejak tahun 1993.
Gambaran kedudukan Eropa
Legislatif
|
Eksekutif
|
Yudikatif
|
|
Komisi
Eropa
|
Dewan Uni Eropa
|
Pengadilan Eropa
|
|
Dewan Eropa
|
Dewan Uni Eropa
|
Pengadilan Eropa
|
Parlemen Eropa
|
Ekonomi
Bila dianggap
sebaga satu kesatuan, Uni Eropa memiliki ekonomi terbesar di dunia dengan GDP 2004
11.723.816 PPP. Ekonomi UE
diharapkan tumbuh lebih jauh dalam dekade berikutnya sejalan dengan lebih
banyak negara bergabung dalam persatuan ini - dan terlebih lagi negara-negara
baru ini biasanya lebih miskin dari rata-rata UE, dan oleh karena itu
diharapkan pertumbuhan GDP yang cepat akan membantu dinamika Uni Eropa.
Meskipun begitu UE hanya akan tumbuh sekitar 0,3% pada kuarter 2 2005 1, sedangkan
negara industri lainnya seperti Amerika Serikat diperkirakan
akan tumbuh sekitar 3,2%.
Standar hidup
Berikut adalah
sebuah tabel dan tiga graf menunjukkan GDP (PPP) per kapita dan
GDP nominal per kapita untuk Uni Eropa dan anggotanya. Data ini untuk perkiraan
tahun 2005 dan grafnya dari tahun 2004.
Negara
anggota |
PDB
(PPP)
per kapita dolar int. |
PDB
(nominal)
per kapita dolar int. |
|
Uni Eropa
|
12.329.110
|
26.900
|
29.203
|
30.674
|
66.821
|
73.147
|
|
164.190
|
40.003
|
48.753
|
|
187.721
|
34.718
|
46.691
|
|
267.053
|
32.802
|
37.688
|
|
324.299
|
31.159
|
35.068
|
|
161.099
|
30.818
|
36.522
|
|
498.703
|
30.574
|
38.180
|
|
1.825.837
|
30.227
|
36.429
|
|
2.498.471
|
30.150
|
33.785
|
|
267.427
|
29.537
|
39.101
|
|
1.694.706
|
29.218
|
29.635
|
|
1.811.561
|
29.019
|
33.855
|
|
1.026.340
|
24.803
|
27.175
|
|
43.260
|
21.695
|
18.527
|
|
236.311
|
21.529
|
20.006
|
|
16.745
|
20.669
|
20.866
|
|
7.909
|
20.015
|
13.742
|
|
198.976
|
19.488
|
11.929
|
|
203.947
|
19.388
|
16.525
|
|
162.289
|
16.627
|
11.059
|
|
22.239
|
16.461
|
9.424
|
|
87.129
|
16.110
|
8.549
|
|
49.106
|
14.338
|
7.268
|
|
512.890
|
13.440
|
7.487
|
|
30.227
|
13.059
|
6.793
|
|
71,381
|
9,205
|
3.328
|
|
183,162
|
8,258
|
3.603
|
|
Negara
Kandidat |
GDP
(PPP)
per kapita dolar int. |
GDP
(nominal)
per kapita dolar int. |
|
55.638
|
12.364
|
8.416
|
|
570.748
|
7.958
|
4.925
|
Sumber: CIA World Factbook
All other figures, source: IMF web site (2005 GDP PPP, 2005 per capita GDP PPP, 2005 per capita GDP, current prices).
All other figures, source: IMF web site (2005 GDP PPP, 2005 per capita GDP PPP, 2005 per capita GDP, current prices).
Perbandingan dengan blok-blok/negara-negara lain
Blok
|
Luas
km² |
Penduduk
|
GDP (PPP)
juta $US |
GDP (PPP)
per kapita $US |
Negara
anggota |
Uni Eropa
|
4,422,773
|
456.285.839
|
11.064.752
|
24.249
|
25
|
4.400.000
|
553.900.000
|
2.172.000
|
4.044
|
10
|
|
17.715.335
|
366.669.975
|
2.635.349
|
7.187
|
12
|
|
21.588.638
|
430.495.039
|
12.889.900
|
29.942
|
3
|
|
29.797.500
|
850.000.000
|
1.515.000
|
1.896
|
53
|
|
Negara
besar |
Pembagian
politik |
||||
3.287.590
|
1.102.600.000
|
3.433.000
|
3.100
|
35
|
|
9.596.960
|
1.306.847.624
|
7.249.000
|
5.200
|
33
|
|
AS1
|
9.631.418
|
296.900.571
|
11.190.000
|
39.100
|
50
|
9.984.670
|
32.507.874
|
958.700
|
29.800
|
13
|
|
17.075.200
|
143.782.338
|
1.282.000
|
8.900
|
89
|
Pada tahun
2003. Warna cyan untuk angka terbesar, hijau untuk yang terkecil.
Sumber: CIA World Factbook 2004, IMF
1 Anggota NAFTA
Sumber: CIA World Factbook 2004, IMF
1 Anggota NAFTA
Nama Uni Eropa dalam bahasa-bahasa Eropa
- Evropská unie (Bahasa Ceko)
- Unión Europea (Bahasa Spanyol)
- Europæiske Union (Bahasa Denmark)
- Europäische Union (Bahasa Jerman)
- Euroopa Liit (Bahasa Esti)
- An tAontas Eorpach (Bahasa Irlandia)
- Ευρωπαϊκή Ένωση (Bahasa Yunani)
- European Union (Bahasa Inggris)
- Union Européenne (Bahasa Perancis)
- Európai Unió (Bahasa Hongaria)
- Unione Europea (Bahasa Italia)
- Eiropas Savienība (Bahasa Latvi)
- Europos Sąjunga (Bahasa Lituavi)
- L-Unjoni Ewropea (Bahasa Malta)
- Europese Unie (Bahasa Belanda)
- Unia Europejska (Bahasa Polski)
- União Europeia (Bahasa Portugis)
- Euroopan unioni (Bahasa Finlandia)
- Evropska unija (Bahasa Slovenia)
- Európska únia (Bahasa Slowakia)
- Europeiska Unionen (Bahasa Swedia)
- Uniunea Europeană (Bahasa Romania)
- Европейски съюз (Bahasa Bulgaria)
Dikutip dari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar