Welcome Greeting

Kamis, 24 April 2014

Penanganan Pertama



Membahas tentang penangan pertama adalah suatu hal yang harus diketahui oleh semua orang untuk menanggulangi suatu keadaan darurat dengan cepat seperti kebakaran, sakit, dan lain – lain. Penanganan pertama dapat dilakukan dengan alat maupun tanpa alat. Contoh penanganan pertama tanpa alat adalah jika seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung dan mendapatkan serangan jantung, selain meminta pertolongan medis, seseorang yang paham tentang penanganan pertama penderita penyakit jantung dapat melakukan pertolongan pertama untuk menyelamatkan orang tersebut.

Pada sebuah bangunan yang besar, untuk menangani sebuah kecelakaan diberikan suatu alat untuk pertolongan pertama. kelengkapan yang biasanya ada dalam gedung adalah perangkat pemadam kebakaran. Perangkat pemadam terdiri dari apar, hydran, smoke detector dan sebagainya. Alat tersebut wajib dimiliki oleh setiap gedung untuk menangani kebakaran dengan cepat agar kebakarn tersebut tidak meluas.

Pada suatu bangunan di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta memiliki peralatan tersebut. Namun, perangkat tersebut tidak terjaga dan terawan dengan baik. Perangkat seperti apar telah tidak ada di kotak apar yang seharusnya. Kemudian untuk hydran yang terletak di tangga darurat pun tidak terdapat slang air untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran. Selain itu tidak terdapat petunjuk evakuasi jika terjadi kebakaran. Lokasi tangga darurat telah berganti fungsi sebagai tempat merokok yang seharusnya tidak diperkenankan untuk merokok di dalam gedung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar